TerimaKasih

Senin, 21 Mei 2012

Hati-hati, Akun Facebook Di Hack Dikomputer Umum


Facebook. Hampir semua nya punya akun di situs jejaring sosial ini. Okey saya akan berbagi sedikit tips untuk keamanan facebook saat anda browsing menggunakan komputer bersama/umum seperti di warnet, komputer sekolahan, maupun menggunakan laptop orang lain. Saat anda selesai browsing yang menggunakan aktivitas Login, biasanya akan tertinggal jejak “username” dan “password” anda.
Saat anda login menggunakan komputer umum biasa nya TIDAK mencentang “INGAT PASSWORD / REMEMBER ME” itu adalah hal yang benar, tapi masih ada kemungkinan bahwa akun anda masih bisa di bobol. “lho kok bisa? bagaimana caranya?” Begini sob, kadang kala orang yang berniat usil memasang suatu tool atau software perekam kata sandi seperti “keylogger” dan sejenisnya. Tapi tidak menggunakan itu pun orang bisa berusaha membobol akun anda. Saya orang awam juga, sebenarnya saya tidak tahu, saya terkejut saat mengutak-atik browser saya dan alhasil tanpa sengaja saya menemukan user dan password dari teman-teman yang pernah meminjam laptop saya. Hihihi…
Begini sob, saya pakai browser Mozilla Firefox Versi 8.0 mungkin versi yang lain juga hampir sama, asalkan kita mengetahui tempat dimana menu dan sub menu tersebut berada.
Pada toolbar Mozilla Firefox versi 8.00, coba sobat cari dan klik menu
Ø  TOOL, pilih OPTION – SECURITY selanjutnya pilih SAVED PASSWORD maka akan muncul dialog berikut





Ø  Maka akan muncul tampilan seperti ini:

Gambar tersebut hanya menampilkan USERNAME saja, sekarang silahkan sobat klik SHOW PASSWORD. Jreeeeeengggg… muncul deh situs, username dan password nya. Hihihihiii..
Maaf gambarnya saya “blur” sob..

Tapi jangan di salah gunakan ya sob, artikel ini saya tulis agar kita lebih waspada J
Okey silahkan dilanjutkan apabila naluri hacker anda muncul, jadilah hacker yang baik dan tidak melakukan hal yang merugikan orang lain. Saat anda bereksperimen, gunakanlah hal tersebut hanya untuk sekedar mengikuti rasa keingintahuan sobat. Tips aman nya adalah jangan mengingat password (jangan mencentang ingat password/ remember me) setiap login pada suatu akun, serta bersihkan history browser  setelah sobat selesai browsing menggunakan komputer umum.
Wassalamu’alaikum wr.wb J